Kamis, 02 Februari 2012

Tragedi Ban "Mbledos" ( part 1 )


Wuih, parah men,,,aku terjebak, tertahan n gak bisa bergerak kemana2 lagi ( lebay mode : ON ). Secara men, gila gak, pas aku lagi berangkat ke skul ( maksudnya skul MTs. N. Bangil, bukan STIE Yadika bangil < oiy laen kali aku da gak jelasin lagi ke kawan2, intinya kalo pagi sampe siang, aku di MTs. N. bangil n kalo malem aku di STIE Yadika Bangil > ) tercinta utk mencari bersuap2 nasi ( ya iya lah secara aku tu di sana disamping menularkan ilmu ku yang gak seberapa, aku juga berusaha untuk mencari-cari rezeki yang halal dari Allah SWT )
Duarrr !!!!
Kok kayak terdengar suara ledakan ya.....keras lagi. Sejenak ku kaget  banget. Dan eh, ternyata, tau gak kawan2 kalo suara tadi tu adalah suara ban sepedaku yang telah berhasil dengan sukses ”mbledos” alias meletus di tengah jalan, kira2 satu kilo kurang dikit lah dengan jarak tempuh dari sekolahku.
Oalah2, mana jamnya da nunjukin pukul ( kira2 ) 7.30 lagi, wah wah wah waaahh, bisa gaswat niech ( eh maap, yang bener gawat bro ). Secara ya skul ku tu masuknya jam 6.45, coz sebelum jam Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) diisi dulu dengan Baca Tulis Al-Qur’an ( BTQ ) sampai jam 7.20. Masih ingat gak kawan2 di postinganku tentang “ gagal jadi guru BTQ “, yaa audisi kemarin ( weh, gaya pake kata audisi segala,-D ) ntu tuk cari guru BTQ yang handal n profesional di bidangnya, yang bisa ngajarin anak2 gimana sich cara membaca Al-Qur’an dengan baik n benar. Sehingga diharapkan lulusan sekolah ku ntu bisa puinter dalam bidang iptek n imtak ( sekalian promosi men! ) - Selling is Habit - he he he
Back 2 t hot topic...
After that, ku bingung men, coz sepeda tercintaku ( tepatnya sepeda pancal tercintaku hasil warisan dr abangku yang abangku tu belinya dari uang abis dikhitan pas kelas 5 SD dulu ) da gak bisa dinaikin lagi ( ya iyalah, secara gitu, mank mau naikin sepeda yang kakinya < eh salah bannya > yang udah tinggal satu, kejam banget! Gak berprikesepedapancalan,-D )
Tapi tau gak kawan2, ternyata eh ternyata niech, Alhamdulillah tepat di depanku tu ada bengkel kecil tempat reparasi sepeda. Tapi aslinya sich aku gak tau kalo itu adalah bengkel, coz alat2 perbengkelannya ada di dalam n yang keliatan dari luar tu just mesin2 untuk “nyelep” bumbu2 n semacam biji2an gitu dech, kayak jagung, beras, ketan n kadang juga kelapa utuh.
“ Ada apa mas? ” ( langsung ku bahasa indonesia kan biar bisa dimengerti oleh orang yang berdomosili di Indonesia,-D ) kata seorang bapak separuh baya dari depan bengkel tersebut ( yang awalnya ku kira bukan bengkel itu lho )
“ Oh anu Pak, ban saya bocor ! ” ( sambil tercengang < tolah toleh kaget MODE : ON >, maklum coz ini adalah cinta pertamaku - eh keliru, ni adalah pengalaman pertamaku sepanjang aku mengarungi kehidupan di dunia ini dengan tanpa  pasangan hidup yang setia senantiasa akan mendampingi dalam hidupku, baik di kala sedih ataupun duka < perasaan sama aja dech, hehehe>, lebay MODE : ON lagie )
“ Di mana ada bengkel terdekat Pak ya ? ” ( maksudnya biar aku gak jalan terlalu jauh gitu biar gak capek2, coz harap maklum udah tua men, hehehe. Iya dulu pas waktu muda < lho mank sekarang da gak muda lagi ya ? > aku kuat banget jalan jauh < sebutan kerennya sich kalo gak salah “LONGMARCH” gitu dech >, kalo sekarang, enggak lah, sory. Tapi kadang aku ya masih suka jalan2 jauh gitu sich pas lagi memperturutkan keisenganku, hehehe < dasar gak komitmen ! >
“ Oh di sini aja mas, ini kan juga bengkel ” (  maksudnya tempat penyelepan itu – kok kebanyakan penjelasan ya!!,-D )
“ Owww “ ( tanpa pake penjelasan........)
“ Ya udah Pak, tolong ini – sepeda pancal tercintaku – bisa dibetulin ya “ ( sambil kutuntun dech sepedaku ke tempat bapak itu dengan penuh kemesraan, jedieng..gubrak... )
“ Tapi di sini gak jual ban baru mas, kalo mau nanti saya belikan n langsung saya pasang dech “ ( info kawan2, bapaknya tadi ngomongnya gak pake dech kok, itu ku tambah sendiri )
“ Ya udah Pak, gak papa, saya tunggu “ ( meski dalam hati sich bilang gini : “ waduh kayaknya ini lama ya, wah wah wah, parah ! “ < tapi tenang men, percakapan itu hanya aku n kawan2 yang dengan setianya menyimak setiap postingan kerenku sajalah yang tau,-D. Ya iyalah itu gak ku ungkapkan, secara men, takut nyinggung perasaan si bapak yang dengan senang hati mau menyelamatkan hidupku,-D. Nanti si bapak bilang gini lagi : “ udah ditolong, eh malah gak tau terima kasih, tambah ku gembosin nanti ban satunya lagi “, hayo kalo kayak gitu gimana ??
Btw ban sepeda pancal tercinta ku yang meletus itu ban bagian belakang kawan2, lupa lom ku kasih tau, maap yaaa.....
“ Oke mas, kalo ban kayak gini ( sambil nunjuk ban sepedaku yang udah gak bernyawa lagie,-D ) kualitasnya bagus ( wah, kayak namaku ya, tapi awas ya kalo kawan2 menyamakan diriku yang super keren ini dengan ban butut yang udah lemah tak berdaya ini – paling gantengan aku dikit daripada ban ku ini,-D ) n harganya agak mahal “
“ Mboten nopo’o Pak “
Oh sorry kawan2 yang gak ngerti bahasa planet tempat ku dilahirkan,-D – ni dia artinya :
“ Gak papa Pak “
Langsung si bapak dengan gagahnya menunggangi kudanya – eh salah, menaiki sepeda motornya – untuk membelikanku ganti ban yang baru (abis sepeda motornya dinaiki tentu lah si bapak menghidupkan mesin sepeda motornya biar bisa jalan, ya nggak !!! < hehehe sedikit pinter > )
Dalam hati ku berkata lagi ( di tengah penantianku menyambut ban yang baru ) : “ bye2 ban ku yang telah menemani diriku dengan setianya, baik waktu ujan, panas, dingin, pas jalan rata, bergelombang, bahkan jalan yang ancor banget. Selamat datang kepada banku yang baru, semoga kita bisa bersinergi < maksudnya bekerjasama > untuk menggapai impian kita bersama,-D “
Sambil menunggu untuk menanti sebuah kepastian, ku buka tas bututku ( itu tuh tas punya’e abangku < ku panggil abang men, biar keren dikit, lupa lagi lom ku kasih keterangan,,, > buat bungkus kaos yang telah beliau beli dari toko kaos tersebut. Bingung ya, intinya pas abangku beli kaos di sebuah toko kaos < ya iya lah, masak beli kaos di toko pancing, yang nanti mau ikutan progran MANCING MANIA lagie,-D > yang namanya kalo gak salah tuh ORANGE JUICE kali ) n ku keluarin note book tercintaku untuk membuka ms word n ngetak-ngetik utak-utek huruf demi huruf, kata demi kata n  kalimat demi kalimat  untuk menghasilkan sebuah karya sastra yang bermutu tinggi,-D ( ntu maksudnya karya sastra tulis seperti yang kawan2 baca ini, keren ya ! – NARSIS MODE : ON ), tapi bisa ngetik cuman dikit coz keburu selesai duluan- sisanya ku lanjutin di skul tercinta ( jangan tanya di skul mana lho, tadi udah ku kasih tau – CAPEK MODE : ON ), hebat mank orangnya, langsung bisa cepet selesai.
 Pesan moral : Serahkan sesuatu pada ahlinya kawan2, kalo enggak ya tunggu saja saat kehancurannya !!.
NB : ku ketik sambil ditemani rintik2 air hujan sampek duerees banget n diselingi dengan petir yang meski sekali, tapi bisa membuat hatiku mau copot, coz buanter bangeet men. Untungnya hatiku made in Gusti Allah, jadi masih bisa nempel dalam relung2 kalbuku ( alay... ), coba kalo made in Ketanen ( itu nama desaku tercinta tempat ku di besarkan dengan sukses n bisa jadi segedhe gini ), bisa langsung copot n ancor berantakan. Alhamdulillah Ya Allah atas segala nikmat yang telah Kau berikan padaku !! ( The Power of Neriman MODE : ON )
NB kedua : ku tulis hampir 90% di kantin yang bertembokkan kayu dengan ditemani oleh seorang Pak Kebun yang sangat luar biasa yang telah mengabdikan dirinya pada skul tercinta kira2 sudah mencapai 35 tahun-an lebih, namanya adalah Muhammad Ali ato anak2 di sini memanggil beliau dengan sebutan “ Cak Ali ”
TO BE CONTINUED ( artinya bersambung men ............. )
 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar