Kamis, 23 Februari 2012

Mengenang Romantisme Sejarah Masa Kecilku


Nama saya Bagus Cahyo Purnomo, lahir di Pasuruan pada tanggal 18 Maret 1987. Saya tinggal di Jl. Kepiting No. 06 RT 02/03 Ketanen Gempeng Bangil bersama kedua orang tua dan kakak saya. Orang tua saya bernama Tamyis dan Umi Tarsiyah, sedangkan kakakku bernama M. Riswan Suryohardiyanto.
Saya sejak kecil selalu diperhatikan dan dibimbing oleh orang tua dan kakak saya. Saya masuk TK pada tahun 1992 dan berumur 5 tahun. Di TK saya berlaku biasa saja dan tidak menonjol. Setelah 2 tahun di TK, lalu saya melanjutkan ke tingkat SD pada tahun 1994 dalam usia 7 tahun. Dalam SD saya yang bernama SDI. KHA. Wahid Hasyim, saya punya prestasi yang agak menonjol, baik di bidang intelektual ataupun di bidang non-intelektual. Di bidang intelektual misalnya saya menjadi juara III di kelas II cawu III, lalu di kelas III menjadi juara IV pada cawu III, lalu di kelas III menjadi juara IV pada cawu III, kemudian juara III di kelas IV pada cawu I, II dan III, setelah itu saya menjadi juara II di kelas V pada cawu I, II dan III, lalu di kelas VI saya juara III di cawu I dan II dan juara II peringkat tertinggi Danem se-sekolahan saya sendiri dengan nilai 44,85. Di samping itu semua, saya juga punya prestasi di bidang intelektual yang lain, yaitu pernah ikut lomba mewarnai Tk SD kelas I sampai kelas IV di alun-alun Bangil, lalu juga ikut lomba cerdas cermat bidang IPA waktu kelas IV dan bidang matematika waktu kelas V serta juga ikut lomba 5 mata pelajaran di SDN Bendomungal. Di bidang non-intelektual saya pernah tampil pada acara perpisahan anak kelas VI waktu kelas III, lalu menjadi pemimpin upacara ketika kelas V dan kelas VI, dan yang terakhir saya ikut lomba jelajah medan Tk SD se-kecamatan di MTs / MA Maarif dan berhasil jadi juara I.


( ku ketik ulang tulisanku yang ada di buku BP / BK kelas 10 < kalo dulu pas tahun 2003-2004 tuch bukan kelas 10, tapi masih kelas 1 > SMAN Bangil- suer dech gak da yang ditambah n dikurangi, sederhana ya. Waktu materi tentang Pemahaman Diri n dikasih tugas oleh gurunya membuat Biografi. Nama gurunya adalah Pak Drs. Khoirul .......< sory lupa namanya, kalo gak Khoirul Anwar ya Khoirul Anam gitu. Intinya yang ku ingat tuch just nama panggilannya, yaitu Pak khoirul >. Itu karya orisinil ku lho pas jaman SMA dulu, maklum masih gak  seneng nulis, jadi ya sekedarnya dech, yach itung2 sambil mengenang romantisme masa lalu,-D )

Ku mau nyeritain dulu dech about guruku di atas. Ku makasih banget sama beliau, tau kenapa kawan2 ?- hayoo ada yang tau gak ya ??? - gini nich beliau itu ngasih materinya enak banget, ya masalah pengembangan diri gitu, bahkan buku tulisku BP / BK sekarang ku gunain lagi buat ngasih materi ke anak2ku yang baru di SMP Al-Mustaqim Wonokerto ( oiy kawan, ku sekarang di samping ngajar Seni Budaya di MTs. N. Bangil tercinta, ku juga ngajar pelajaran BP / BK di sana - SMP Al-Mustaqim,red ). Ya gak masalah dech, meski aku sekarang lagie ngambil jurusan ekonomi managemen di STIE Yadika Bangil tercinta, tapi ku ngajar pelajaran di luar jurusan kuliah ku. Yang penting heppiiee n bisa ngasih kemanfaatan ke sesama, toh kalo kata Rasulullah sich " Khoirun Nasi Anfa'uhum Lin Nasi " yang arti terjemahan bebasnya kayak gini, " Sebaik2 manusia adalah orang yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain ". Jadi sekarang ku siap 1000 % dech untuk membantu sesama selama ku bisa ngusahainnya. Right !

Back to topic...
Beliau - Pak Khoirul,red -  juga jadi pembina OSIS ku dulu pas aku kelas 2 SMA. Kebetulan aku dipercaya jadi Ketua Sekbid Bela Negara. Enak dech pokoknya, yach meski namanya kawan2 ada yang cocok n gak sich sama beliau, ya wajar lah, itu khan dinamisasi organisasi, tapi intinya selama beliau bisa mengayomi kita, yaa I think it's no problem bro-sistr ( bro-sistr tu istilah baru yang ku ambil dari temen2 di dunia maya - artinya kawan2 dech, sama kayak sebelum2nya, hanya agak gaul dikit -, tapi aku lupa siapa kawanku yang biasanya pake istilah itu, sory dech jadi gak bisa bisa promosi kawanku yang satu ini )

Beliau juga lah yang ngasih kesempatan pada diriku yang keren ini untuk bisa menginjakkan kaki n menimba ilmu sebanyak2nya di STIE Yadika Bangil n sekaligus sebagai jalan di kemudian hari aku bisa mengenal jalan dakwah ini n bisa kenalan dengan Cak Apink yang telah ku ceritain di postinganku sebelumnya, kalo gak percaya, cek dech. Beliau juga yang ngusahain aku bisa masuk ke STIE Yadika dengan bebas uang gedung n bebas SPP selama 2 tahun. Makasih Pak dari dalam hatiku yang paling dalam. Secara juga waktu itu kan aku juga baru ditinggal pergi untuk selama2nya oleh ibuku tercinta, jadi aku galau banget dech kawan2. Tapi untungnya banyak orang yang selalu menguatkanku n salah satunya adalah Pak Khoirul itu.

Oiy kawan, beliau sekarang sudah S2 lho yang ku pas dengerin ceritanya, wuiih, perjuangannya berat banget, harus bolak-balik-bolak dari Bangil - kota puanas pinggiran yang agak dekat dengan pesisir - tercinta ke Surabaya untuk menuntut ilmu. Belum lagi ditambah kata Beliau sich modul pembelajarannya full English n tugas2nya juga buanyak banget n bisa menguras seluruh energi yang tersimpan di dalam jiwa n raga.....Wuiih.. Tapi keren n salut buat beliau. Aku juga jadi termotivasi nich, orang yang udah berkeluarga aja mau bersusah payah untuk meng-upgrade dirinya dengan jalan menempuh kuliah lagie S2, masak aku yang masih muda, jaka ting-ting, keren, hebat, guanteng n pinter ini gak bisa ????? ( Narsis Mode + Naluri Mempertahankan Diri n Kehormatan : ON ). Keterlaluan !!! Apa kata dunia men ????

Abis nyeritain - sekaligus promosi - cerita singkat tentang guruku, sekarang kita berlabuh kembali di pantai sejarah masa2 indah diriku yang full keren n puinter sekaligus sholeh ( Amiin !! ) ini. Sengaja ku gak nyeritain masa2 indah n penuh makna sewaktu diriku di Taman Kanak2 ato istilah kerennya adalah TK, coz aku udah gak ingat detail ceritanya, udah kelamaan men sejak ku mencoba untuk menggoreskan pena - eh salah yang bener memainkan jari2 manisku di atas keyboard notebook tercintaku ini - sekarang. Yaa bisa kawan2 bayangin sendiri dech, secara sekarang tuch aku mau berumur - bukan beruang yaa, hehehe - 25 th pas tanggal 18 Maret 2012 nanti n kejadian yang mau ku ingat2 tuch kira2 aku pas umur 5 ato 6 tahun. Terpaut juauh buangett men. Sory aku gak begitu ingat kawan2 yaa..
 Oiy TK ku tuch namanya TK Muslimat KHA. Wahid Hasyim. Jadi aku TK n SD pada lembaga yang sama.

Ok bro-sistr, ku mau nerusin nulis di blogger kesayanganku ini lagie ya, biar bisa menghasilkan sebuah cerita penuh haru, canda tawa n bahagia gitu yang bisa kawan2 lahap secara bersama2 bareng orang2 terkasih n tersayang. Semoga kawan2 bisa menikmati hidangan yang telah ku hidangin ini ya, Amiiin !!! ( lho ngomong apa sich, kok tambah ngawur gini....??? ). Let's enjoy this story !!!

Kawan2, untuk nama lengkap, tanggal lahir n alamat gak ada perubahan, ya seperti itulah keadaannya di lapangan sampai sekarang. Kalo untuk rumah ada sedikit penjelasan nich, sampai sekarang tuch aku ceritanya nunut n numpang.com gitu sama orang tua tercintaku, coz masih belum punya rumah sendiri. Kalo untuk kakak ato aku biasa panggilnya mas ato emas, beliau sekarang da gak tinggal sama orang tuaku lagie, beliau udah punya rumah di tanah di belakang rumah orangtuaku tepat bersama istri tercinta n sang buah hati tersayang. Istri beliau namanya Fitrotin, tapi aku manggilnya mbk Titin. Kalo untuk buah hati n buah cinta yang telah dipadu n di jalankan secara bersama2 dengan apik n mesra banget namanya M. Syafril Fitroh ato biasa dipanggil dengan Syafril. Kadang2 Bundanya ( sebutan untuk ibu dech kalo kawan2 gak tau ) manggil dengan nama yang sama kayak nama cacakku di LDK, yaitu Apink. Dia - keponakanku,red - mulai menampakkan dirinya secara sempurna tanpa kekurangan suatu apapun pada tanggal yang sama dengan ayahnya ( Apink panggil ayah untuk mengganti istilah bapak, yach sama aja dech ), yaitu tanggal 29 ( 29 apa 19 ya ??? ) September tahun 2010. kalo ayahnya pada tahun 1982, sedangkan bunda Apink pada tahun 1983, jadi kira2 jarak mas n mbk sekitar setengah tahun ( sory kalo untuk tanggalnya aku gak tau kawan2 ).
Apalagi yang mau ku ceritain yaa,, masih tentang keluarga ku yang sangat ku cintai...

Oiy, lanjuuttt.............
Sebelum ibuku wafat tuch, beliau ninggalin pujaan hati, pengobat rasa kangen n dambaan keluarga, yaitu seorang anak laki2 yang suangat guanteng pool dech. Bahkan ngalah2in kegantengan diriku yang punya kharisma di seluruh penjuru dunia,-D ( NB : tapi keponakanku juga gak kalah cakep sama adikku ). Namanya Bintang Putra Hidayatullah dengan panggilan Bintang. Lahirnya tanggal - kalo gak salah sich - ( waduh lupa aku ) pokok bulan april 2006. Dia di asuh oleh Bulek ato bahasa kerennya orang2 sering nyebut dengan istilah " Tante ". Bulekku adalah adik terkecilnya ibu. Beliau mank gak punya anak, jadi sekarang mengasuh  adikku gitu n udah dianggap sebagai anaknya, gak papa dech, yang penting adikku jatuh ke tangan orang yang tepat, bukan ke tangan orang yang berhati jahat, apalagi kelam, bengis, kejam n gak berperikemanusiaan,-D. Bulekku tuch juga suangat sayang banget sama adikku. Kalo aku sekarang sebelum punya belahan jiwa nich, tinggal hanya bertiga di rumah orang tuaku yang sangat nyaman banget. Aku, bapak n ibu baruku. Ibuku juga sayangnya ke keluarga top banget dech, meski aku n saudaraku bukan anak kandungnya, tapi sayangnya ke kita minta ampun men, gak ketulungan, tinggi banget. Gak peduli anak kandung ato bukan. Yaa semoga beliau diberi pahala yang setimpal oleh Allah atas setiap jerih payah, kepayahan, n peluh keringat yang menetes dari setiap sel dalam tubuh beliau, Amiinnn !!!. Ibu baruku n bulekku sebenarnya da punya anak, tapi Allah berkehendak lain kawan2. Pas mereka hamil, eh tiba2 ada masalah gitu dengan rahimnya, sehingga mereka terpaksa dech kandungannya diambil ( ato bahasa jawanya dikiret ). Tapi Subhanallah kawan, mereka tuch orangnya tegar banget dalam menghadapi setiap masalah berat yang ada di depan mereka. Aku belajar sebuah ketegaran dari proses panjang mereka berdua. Para ibuku n juga ibu kandungku. Apalagi pengorbanan ibu kandungku yang udah menghadap Allah sekarang, beliau lebih luar biasa lagie. Sungguh gak ada orang yang lebih hebat n sesabar ibu kandungku. Gak ada orang yang yang se-telaten n se-perhatian kepadaku, mas, adik ( meski dia hanya ngrasain bentar ) n tentunya bapakku tercinta selain ibu kandungku. Allahumma Ighfirlaha Wa Irkhamha Wa 'Afihi Wa'fu'anha. Ya Allah, ampunilah beliau, rahmatilah beliau, kasihanilah n maafkanlah semua kesalahan2 beliau, Amiin !!.

Oiy, jadi di rumahku tuch sebenarnya udah lengkap. Ada masku yang namanya ada kata Suryo yang artinya Matahari, lalu aku yang ada kata Purnomo di belakang namaku yang keren yang artinya Bulan Purnama n adikku tercinta yang nama panggilannya aja Bintang yang artinya yaa Bintang juga, mank mau arti apalagi, gak ada khan ?? So It's very complete things lah. Ada unsur Matahari, Bulan n Bintang menjadi satu dalam sebuah kesatuan tatanan yang sempurna dalam keluarga tercintaku. Bocoran nich, yang ngasih nama keren adikku tuch - suer - diriku yang amazing ini. Bahkan aku ngalahin pesaing2 beratku, yaitu mas n bapak. Singkatnya, dari beberapa nama2 yang realistis yang diusulkan oleh ketiga kandidat, akhirnya setelah pengkajian yang mendalam, tanya ke orang2 yang lebih ngerti n menunggu ilham dari Sang Penguasa Jagat Raya, maka terpilihlah nama yang ku ajukan pada sidang istimewa pemberian nama keren adikku yang dipimpin langsung oleh Yang Mulia Bapakku Tercinta dengan didampingi penasehat beliau dari orang yang ngerti - namanya Pakdhe Bahrul, tapi bukan Pakdhe asli men, just panggilnya aja diajarin panggil kayak gitu sama bapak.

Ok, itu sepenggal cerita sebenarnya tentang siapa diriku yang cakep ini n gimana sich latar belakang keluargaku. Biar kawan2 lebih tau n akhirnya bisa lebih mengerti n memahami perasaanku yang sangat halus ini ( Alay bin Lebay Mode : ON ). Harusnya sich ada space tersendiri untuk menulis about my family, tapi gak papa lah, lha wong sempatnya ku nulis n numpang di tema yang ku buat kalie ini. Gak papa ya kawan2 ???

Next....
Singkat aja yaa,,.. Pas SD aku ya seperti yang telah ku tulis di atas sich, gak perlu banyak tambahan. Intinya aku tuch mulai kecil sering gitu punya prestasi kawan2, bukannya sombong kawan, just mau share ke kawan2 aja, siapa tau kawan2 bisa dapat inspirasi dari diriku yang cakep ini. Tapi pas SD dulu nich, sekeras apapun aku trying 2 become juara 1 di kelas, semakin aku gak bisa ngeraihnya. Ada satu anak yang gak bisa ku kalahin. Tau gak kawan2, temanku yang satu ini puinternya minta ampun. Namanya Saidatul Husnah ( Husnah apa Husna ya ??? sory lupa lagie ), ato biasa dipanggil Saidah. Dia selalu - ato hampir selalu ya - mulai kelas 1 sampai kelas 6 juara 1 terus. Hebat mank anaknya, salut aku. Sekarang aku gak tau dimana dia n mungkin kalo da kerja, kerjanya dimana. Tapi yang ku tau sich dia kuliah di Bogor, kalo gak salah sich di IPB ato panjangnya nich Institut Pertanian Bogor. Bahkan nich, yang ngebuktiin kalo dia puinter n punya visi jauh ke depan adalah ketika zamannya SD nich, pas kawan2 ku waktu itu ditanya apa cita2nya, mereka jawabnya ya sekedarnya ato gak realistis menurut aku. Kalo aku sendiri juga masih gak kepikiran gitu. Pas ditanya oleh guruku, ya kujawab aja pingin jadi orang berguna, just gitu duank, hehehe - gak visioner banget yach. Tapi kalo dia sich udah punya keinginan pingin jadi dosen. Keren ya, secara men, anak SD, jenjang SMP aja belum dilalui, kok udah berkeinginan pingin ngajar di perguruan tinggi. Salut lagie dech. Dari kawanku yang satu ini aku belajar untuk mengejar cita2 ku setinggi mungkin n berusaha untuk menjadi yang terbaik. Btw, tolong kawan2 doain juga ya semoga dia bisa meng-catch apa yang dia inginkan. Kalo kawanku2 SD yang laen kapan2 dech kalo da waktu Insyaallah kan ku share di sini. Tunggu aja ya ! ( tapi gak janji sich, hehehe )

Ku lanjutin dikit lagi dech, suer gak gak lama, lagian aku juga udah very very very kuesel puoooll !! memanfaatkan seberkas cahaya yang mulai redup dalam diriku yang oke ini,-D. Pas aku tampil di perpisahannya anak kelas 6, aku gabung sama teman2 yang laen, tapi aku kebagian baca sendiri bagianku, lalu diikuti oleh yang laen. Ku masih ingat waktu itu ku baca Senandung Al-Fatihah sama kawan2 yang laen. Keren dech pokoknya, kalo kurang jelas kawan2 bisa tanya langsung aja ke aku ya, coz kalo ditulis entar kepanjangan kawan2, bisa2 blog kerenku jadi sebuah cerita novel nanti. abis itu sesi selanjutnya adalah aku bacain sendiri bagianku, yaitu terjemahan QS. Al-Alaq : 1 - 5. Nich dia isinya : ( ku masih ingat sampai sekarang, bahkan sensasinya pas berada di panggung untuk pertama kalinya sebagai bagian sarana diriku untuk mengenalkan pada dunia masih sangat kerasa banget )

Iqro' ( kawan2 )
Bacalah ! ( kawan2 )
Dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah
Iqro' ( kawan2 )
Bacalah ! ( kawan2 )
Dan Tuhanmu lah yang Paaaaling Pemurah
Yang mengajar manusia dengan perantaraan kalam
Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahui
Iqro' - Iqro' - Iqro' ( kawan2 ku lagie ) .... selesai

Pas acara jelajah medan, ku gak nyeritain detailnya juga ya kawan2, harap maklum coz maksud hati ingin segera menuntaskan tulisan ini, tapi apa daya hati ini tak kuasa untuk menghentikan tangan2 lentikku bermain2 dengan keyboard tercinta. Intinya ku seneng banget pas ikut jelahan medan itu. Ku gak jadi apa2 sich, hanya jadi anggota duank. Ku kebagian menghafal sandi morse n pengetahuan kepramukaan gitu. Kalo untuk sandi morse ku hafal sampai sekarang, kalo mau bukti silahkan kawan2 yang punya nyali bisa nge-test diriku yang siip ini. Reguku bernama Gajah ( iya kalie ya, kalo gak salah sich ). Kalo regu kawan2 putri lupa aku. Tapi senangnya lagie nich, kawan2 regu kami, baik putra ato putri bisa menjadi juara satu semua. Yeeeee..... betapa senang hatiku !!!!

NB 1 : Ketua Reguku adalah Cholidi Asadil Alam ato biasa dipanggil Odi ( dia sekarang sering nongol di tivi sebagai pemeran dalam film Ketika Cinta Bertasbih, tapi dia meranin siapa aku lupa men, sory lagie yaa... )

 NB2 : nie dia contoh sandi morsenya
-.../.-/--./..-/...//-.-./.-/..../-.--/---//.--./..-/.-./-./---/--/---// artinya Bagus Cahyo Purnomo ( hehehe, narsis lagie, ba"in lah, daripada pake nama orang laen sebagai contoh, khan lebih baik bangga dengan nama sendiri men, Right ! ). Just announcement duank, sebenarnya sandi morse bisa dimodivikasi ke bentuk sandi2 yang laen, tergantung keperluannya. Untuk lebih jelasnya kawan2 bisa belajar sendiri dech, yach sambil explore diri gitu ceritanya.

Kalo cerita tentang pengalamanku jadi pemimpin upacara, nie sangat membanggakan men. Aslinya sich ku mulai kelas empat tuch udah di latih jadi pemimpin upacara cos suara ku mank keras - meski cempreng ( treble kegedhean ) n gak enak banget,-D. Tapi ya berhubung diriku yang ganteng ini waktu awal2 memulai karir profesional sebagai pemimpin upacara masih agak grogi n gak teges banget ( suka ketawa2 kalo lagie salah ), so akhirnya aku digantikan oleh sesosok manusia yang jelas lebih baik dari aku ( secara men, aku khan juga bisa mengakui kelemahan diriku yang terus belajar ini ) dari kelas enam ( tapi lagie2 aku lupa kawan namanya ). Baru pas beranjak kelas lima - berhubung udah gak ada pesaing yang mumpuni, D -, aku bener2 mulai karir profesional sebagai orang nomer satu di SD ku tercinta ( maksudnya mulai jadi pemimpin upacara ). Hal ini berlangsung sampai aku menamatkan diri di SD ku tercinta terhitung tepat dua tahun sejak aku mulai masuk kelas lima SD.

Sorry 3x, info penting kawan2 !! sebelum ku akhiri tulisanku yang keren n beken ini, ijinkan aku mau ngasih bocoran tentang Danem - sekarang Danun ato NUN, artinya Daftar Nilai Unas Nasional ato Nilai Unas Nasional gitu duank - ku pas berhasil dengan sukses lulus dengan peringkat ke-II se-sekolahan SD ku. Dulu tuch mata pelajaran yang di ujikan ada lima kawan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS n satunya - lupa aku, mungkin Bahasa Inggris kalie ya, ato yang laen - ada dech, pokoknya lima bidang studi. Iya ya, Bahasa Inggris jaman dulu pas tahun 2000 tuch udah di ujian nasionalkan ato belum ya.... Jadi nilai rata2 ku tuch adalah  44,85 dibagi 5, berarti ( sambil ku mulai ngeluarin hp Cross CB83DT ku tercinta dari dalam saku celana warna merah hati yang kainnya dikasih oleh Lembaga Sekolah SD RDU n ku jahit di daerah Satak
Jaya sebelah tempat kejadian Tragedi Ban "Mbledos" - Tercinta - ku untuk kugunain ngitung, cos hp - tercinta - ku ada fasilitas kalkulatornya ) terciptalah angka cantik 8,97. Hebat ya diriku !!!! ( sory sekali lagie kawan, bukannya sombong, just motivate myself ja kok, harapannya sich abis nulis ini, aku bisa tambah semangat lagie..... )

Yaach,,, mungkin itu aja kalie ya yang bisa ku share ke kawan2 ku yang tercinta n tersayang, sekali lagie moga ada guna n manfaatnya, kalo kawan2 kurang berkenan ya mohon maaf banget dech, secara nich, kan sekarang aku masih belajar n sampai akan mati pun masih akan tetep n terus belajar untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagie dari hari, jam, menit n detik ini. ( Ku tambahin ah dari tahun, bulan n minggu ya, kalo abad gak mungkin men, kayaknya aku dikasih jatah menghirup nafas dengan sangat lancar n gak ada kendala gak sampai 1 abad dech - tapi masih kayakya lhoo, hehehe )

Sekian n terima kasih kawan2 atas bercapek-capek rianya kawan2 mandengin tulisanku yang super keren ini. Inilah sepenggal hikayat kisah nyata diriku sewaktu di SDI. KHA Wahid Hasyim. Sebuah Romantisme Sejarah Masa Lalu yang begitu indah jika kita benar2 bisa menyelami kembali masa2 yang sekarang hanya tinggal menjadi sejarah n gak mungkin bisa terulang lagie.....

Ok See U Guys n
 SLM SUKSES!!

5 komentar:

  1. wahhh... dah banyak perkembangannya... :)
    baguss.. bagusss... ssiipp....

    BalasHapus
  2. mohon doanya ja dech kawan anonim !! ( dalam hati : bertanya2 siapakah gerangan orang yang sangat baik yang memberi komen pertama di postingan kerenku di atas itu... kok gak dikasih nama ya, padahal nama itu kalo sering disebut - selama baik sich - bisa otomatis sebagai doa bagi yang punya nama lho ) btw, makasih supportnya !!

    BalasHapus
  3. Ummu Kayyis AzzuhriMaret 14, 2012 11:58 AM

    katanya Cak Felix Siauw, sejarah memberikan lebih dari sekedar informasi dan sejarah menyusun cara berfikirnya saat ni dan menentukan langkah apa yg akan dia ambil pada masa yg akan dtg. semoga sejarahx mas bagus jg menjadi kunci keberhasilan di masa yg akan dtg. btw, buat proposal nikah mas?????wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. engge, amin atas doa Panjenengan Ibu!! untuk proposal nikahnya ditunggu aja Ibu ya, Insyaallah akan ku buat pas mendekati waktu yang tepat dech,.... Af1!!

      Hapus