Selasa, 27 Agustus 2013

MENGEJAR MIMPI


Bismillahir Rahmanir Rahim.....
        Cerita ini bermula ketika saya masih menginjakkan kaki di bumi pertiwi tempat saya dilahirkan dan dibesarkan. Dibesarkan dengan sepenuh jiwa dan penuh kasih sayang oleh orang – orang yang sangat saya cintai karena Allah, yaitu kedua orang tua tercinta sebelum akhirnya saya hinggap di HSG Khoiru Ummah Ma’had Al-Abqory Serang Banten ini untuk mengejar mimpi – mimpi yang jauh lebih besar lagi. Semoga apa yang akan saya sampaikan bisa  bermanfaat dan tidak out of date meski kejadiannya sudah cukup lama. Baiklah kawan – kawan, mari segera kita mulai the journey of my story. Siaaappp!!!
     Sesaat setelah saya mengistirahatkan badan dan pikiran sejenak di weekend ini - tepatnya hari Minggu tanggal 19 Mei 2013 di pagi hari yang sangat cerah dan Inshaallah penuh berkah ini, setelah mulai bangun di pagi hari untuk melaksanakan sholat Subuh berjama’ah di desa, lalu dilanjut cuci baju dan bantu – bantu orang tua, kemudian saya membuka notebook tercinta untuk mengerjakan PR kerjaan di kantor yang cukup banyak, red – kemudian saya keluar sebentar untuk mencari angin segar di sekitar desa tercinta. Kebetulan pagi ini ada anak – anak kampung laki – laki yang sedang latihan drum band bersama – sama dengan seorang mayoret perempuan – yang itu katanya dia itu didatangkan dari luar desa kami karena group drum band desa kami belum mempunyai mayoret, red – karena besok Senin katanya drum band kami akan ada show di hajatan sunatan desa lain. Sungguh senangnya hidup di desa Ketanen tercinta. Iya nama desa saya adalah Ketanen. Terletak di kota Bangil Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Saya biasanya ada di desa ini hanya Sabtu malam dan Minggu pagi hingga malam hari. Maklumlah sehari – harinya saya bekerja di salah satu perusahaan outsorching terkemuka di daerah Balong Bendo Kabupaten Sidoarjo  Jawa Timur yang sudah mempunyai mitra di lebih dari 100 perusahaan, baik di Jawa Timur maupun di luar Jawa Timur hingga luar pulau Jawa.
     Di sini saya tidak akan membahas tentang desa saya tercinta dan segala aktivitas saya di perusahaan tempat dimana saya mencari nafkah, namun yang ingin saya share kepada kawan – kawan di sini adalah cerita saya ketika saya melihat latihan drum band tadi. Ada satu hal yang menarik dan layak untuk saya ceritakan pada kesempatan kali ini. Ketika saya ikut nimbrung di sana, saya melihat di kaos yang dipakai oleh anak perempuan yang jadi mayoret tersebut ada 3 kata dalam bahasa Inggris yang sangat mengena di hati saya. Ini dia tulisannya : “ DREAM, BELIEVE, ACHIEVED “. Atau kalau dibahasa-Indonesiakan adalah “ MIMPI, PERCAYA, MENDAPATKAN “. Mungkin bagi kawan – kawan itu adalah sebuah tulisan yang biasa – biasa saja, tapi bagi saya itu sangat luar biasa. Tahu mengapa kawan – kawan? karena itu adalah sebuah kata – kata yang sangat hebat. Bisa mengingatkan saya tentang sebuah visi, tujuan dan sesuatu yang ingin saya capai.
     Oke mari kita bahas satu - persatu. Tulisan yang pertama adalah DREAM atau MIMPI. Bicara mengenai mimpi atau impian, maka tidak ada satu orang besar pun di dunia ini yang tiba – tiba dia langsung besar. Minimal dia pasti dulunya pernah bermimpi atau mempunyai impian ingin menjadi seperti yang sekarang telah dia dapatkan. Jika sekarang dia telah menjadi seorang pengusaha yang sukses dan kaya raya, tentu awalnya dia telah bermimpi ingin menjadi seperti itu. Jika dia sekarang menjadi seorang ulama yang sholeh, mempunyai tsaqofah Islamiyah yang tinggi dan bahkan jika seorang hafidz Al-Qur’an, tentulah itu berawal dari mimpi dahulu sebelum akhirnya dia berproses untuk mengejar mimpinya tersebut.
     Sungguh mimpi akan menentukan seperti apa kerja keras yang akan dia lakukan untuk mewujudkan impian tersebut. Satu contoh lagi kemudian, jika ada dua anak SMP yang mempunyai mimpi berbeda. Yang satu bermimpi ingin menjadi bintang kelas dan satunya lagi ingin menjadi juara satu olimpiade salah satu mata pelajaran di tingkat nasional, apalagi tingkat dunia, maka usaha yang dilakukan kedua anak tersebut pastinya akan berbeda dan hasil yang mereka peroleh juga berbeda pula. Kita pasti sudah bisa mengira bahwa anak kedua tentu akan mempunyai daya semangat yang jauh lebih besar dibandingkan anak yang pertama hanya gara – gara sebuah impian. Dari sini kita bisa mengetahui akan pentingnya mempunyai impian yang tinggi bagi kawan – kawan dan tentunya bagi saya sendiri. Impian menentukan langkah dan langkah akan membawa hasil!
     Apakah cukup seseorang itu hanya mempunyai impian besar semata lalu semuanya akan bisa terwujud hanya dalam satu petikan jari saja? Tentulah itu tidak mungkin dan tidak akan pernah bisa terjadi kawan! Yang kedua yang harus kita punyai adalah BELIEVE atau PERCAYA. Ini sangat penting kawan! Coba kawan – kawan bayangkan jika seseorang sudah mempunyai impian, tapi dia tidak percaya bahwa impiannya itu akan bisa terwujud, pasti dia tidak akan mempunyai usaha yang serius guna mewujudkan impiannya tersebut. Percaya akan terwujudnya impian di kemudian hari akan memberikan satu energi yang sangat dahsyat dan akan memacu usaha kita lebih keras lagi guna merealisasikan apa yang ingin kita raih. Sebagai contoh jika kita mempunyai mimpi ingin menaklukkan dunia, tapi tidak disertai sebuah kepercayaan bahwa kita sanggup untuk mewujudkannya, tentu itu hanyalah akan menyisakan mimpi semata. Sebuah khayalan dan bunga – bunga tidur yang tidak akan ada artinya sama sekali.
     Lalu langkah yang ketiga setelah kita telah memiliki impian dan kita yakin bahwa impian kita akan bisa kita raih, maka langkah selanjutnya - dan telah kita uraikan sedikit di pembahasan kita tentang impian, red – adalah kita harus REACH atau KEJAR impian kita dengan sepenuh hati. Untuk yang REACH ini sengaja saya sisipkan diantara BELIEVE dan ACHIEVED dan kata ini tidak terdapat dalam kaos anak tersebut. Kejar dan perjuangkan semua impian kita dengan hati yang utuh 100 %. No compromize or reason again atau tidak ada kata berkompromi dan banyak alasan untuk menunda – nunda sebuah pekerjaan jika pekerjaan itu telah kita yakini akan bisa mengantarkan kita ke gebang kesuksesan yang kita impi – impikan. Terkadang kita melihat kebanyakan orang itu aneh. Ketika mereka ditanya tentang sebuah impian, taruhlah mereka mempunyai impiannya – walau kebanyakan impian itu terlalu kecil untuk dipikirkan oleh seorang manusia yang sempurna akal dan pikirannya, red – tapi mereka tidak yakin bahwa impiannya akan bisa mereka taklukkan. Mereka tidak percaya bahwa mereka mampu untuk merealisasikan apapun yang ada di dalam pikirannya itu. Oke kemudian, taruhlah mereka benar – benar percaya bahwa impiannya akan bisa ter – achieved dengan sempurna, tapi mereka tidak mau berusaha sekeras mungkin untuk mewujudkan impiannya tersebut. Mereka enggan untuk melakukan apapun yang bisa menjadi prasyarat terwujudnya impian hanya gara – gara mereka inginkan hasil dengan cepat tanpa mau bersusah payah untuk mengejarnya. Orang yang mempunyai visi tinggi tapi tidak mau berproses untuk menjadi kepompong terlebih dahulu dan meninggalkan semua kesenangan pribadinya guna ber-metamorfosa menjadi sebuah kupu - kupu yang cantik nan menawan hati. Dan celakanya ini juga banyak di sekeliling kita. Atau mungkin kita termasuk salah satu di antaranya? No body knows kawan – kawan!
     Baiklah, mari kita akan melanjutkan pembahasan kita kali ini, setelah kita mempunyai DREAM, lalu kita BELIEVE bahwa impian kita akan benar – benar bisa kita raih, kemudian disertai mental dan sikap positif untuk benar – benar bertarung di lapangan guna me – REACH atau mengejar apapun yang telah terpikirkan dalam otak kita, maka step terakhir - dan itu adalah sebuah konsekwensi dari apapun yang telah kita pilih untuk dikerjaan, red – adalah ACHIEVED. Impian kita akan benar – benar kita genggam dengan sepenuh genggaman. Impian kita akan benar – benar bisa kita wujudkan. Impian kita akan benar – benar bisa menjadi kenyataan di hadapan kita.
     Kesimpulannya adalah ada 4 tahap agar impian kita bisa kita raih dan kita wujudkan secara sempurna di genggaman tangan kita. Yang pertama adalah kita harus memiliki DREAM atau MIMPI tentang apa yang ingin kita raih dalam hidup ini. Lalu BELIEVE atau PERCAYA bahwa impian kita bisa kita raih juga harus menjadi sikap mental kita. Step yang ketiga adalah kita harus mau berproses untuk berakit rakit ke hulu dan berenang – renang ke tepian. Kita harus berani bersakit – sakit dahulu untuk bisa mencapai sebuah pantai keberhasilan. Kita harus berani me – REACH atau MENGEJAR semua impian kita apapun resiko yang akan menimpa kita. Dan yang terakhir - yang itu tidak bisa tidak pasti akan ada setelah kita melewati ketiga step sebelumnya – adalah ACHIEVED atau MENDAPATKAN. Artinya di level ini, semua impian akan bisa kita wujudkan secara otomatis setelah kita melalui proses panjang sebuah pencapaian kesuksesan.
     Tinggal sekarang pertanyaannya adalah apa yang menjadi mimpi kawan – kawan hari ini??? Jika kawan – kawan masih belum mempunyai mimpi – mimpi yang bisa menggetarkan jiwa untuk terus bergerak, maka segeralah temukan mimpi – mimpi hebat itu dengan mengonsultasikan kepada orang – orang yang berkompeten di bidangnya. Kalau kawan – kawan sudah mempunyai mimpi – mimpi hebat itu, maka terus pupuk dan kembangkan mimpi – mimpi tersebut! Dan pertanyaan selanjutnya adalah adakah dari kedua step selanjutnya telah ada pada pribadi kita sebelum kita benar – benar bisa menjadi seperti apa yang kita inginkan di masa depan??? Kalau belum ada, baik itu satu, dua atau ketiga – tiganya, barangkali melalui tulisan saya yang sangat singkat ini - dan tentu saja masih jauh dari sebuah kata SEMPURNA, red – kawan – kawan bisa mengambil hikmah dan pelajaran hidup yang berarti. Saya menyadari bahwa teori yang saya kemukakan bisa jadi belum ada dalam diri saya, namun saya akan terus mengukir prestasi dan memantaskan diri agar kesuksesan yang saya inginkan bisa terwujud dengan pasti. Bukan hanya menjadi sebuah bayang – bayang fatamorgana yang tiada berarti. Kawan – kawan juga saya doakan semoga impiannya bisa terwujud semuanya. Yang belum menikah dan ingin segera menikah semoga bisa segera terwujud. Yang ingin menikah dengan sosok idaman hatinya, bagi yang ikhwan tentu ingin akhwat yang sholehah, yang bisa menentramkan jiwa jika berada dekat dengannya, yang menyejukkan mata jika dipandang, yang membuat kangen jika ditinggal dan yang bisa menjaga harta dan kehormatan suami jika sang suami tidak ada di sisinya, semoga bisa terwujud. Bagi yang akhwat jika menginginkan sosok suami yang bertanggung jawab, penyayang, pengertian, bisa menjadi kapten kapal rumah tangga yang baik dalam mengarungi ganasnya ombak – ombak ujian dan cobaan di dunia ini, semoga juga bisa terkabul. Bagi kawan – kawan yang menginginkan menjadi orang yang paling kaya dan berpengaruh di dunia ini semoga juga bisa terwujud. Yang ingin kehidupan yang seimbang di dunia dan akherat, bahagia dan sejahtera lahir dan batin semoga juga bisa terwujud. Yang menginginkan menjadi seorang Pembela Islam, Pejuang Khilafah, Penegak Panji – Panji Kehormatan Rasulullah semoga Allah bisa memudahkan setiap langkah – langkahnya. Yang ingin menjadi Pengemban Al-Qur’an dengan cara membacanya, menghafalkannya dan mengamalkan seluruh isinya semoga juga Allah senantiasa mencurahkan hidayah-Nya kepada kawan – kawan. Dan yang terpenting adalah bagi kawan – kawan yang ingin kelak ketika nyawa sudah terlepas dari badan dan ingin bisa bertemu langsung dengan Tuhannya dan bisa berdiam diri menghuni jannah-Nya yang telah dijanjikan bagi orang – orang yang beriman dan beramal sholeh selama di dunia, semoga juga bisa ter – achieved.......


SALAM SUKSES MULIA LUAR BIASA BERKAH MELIMPAH
Gores Pena Sang Surya

Bumi Allah Aturan Allah
16;29,24/11/2013



Tidak ada komentar:

Posting Komentar