Jumat, 16 Maret 2012

ABOUT MY DELICIOUS BREAKFAST


Bismillahirrahmanirrahim,
Alhamdulillah Ya Allah, Engkau masih ijinkan aku untuk bisa menghirup udara pagi hari ini yang sangat segar n menikmati segala keindahan yang telah Engkau ciptakan. Syukurku tiada terkira pada-Mu atas setiap hembusan nafas yang keluar dari rongga dadaku, setiap darah yang telah mengalir ke seluruh sel-sel dalam tubuhku, setiap detak jantung yang berjalan dengan sangat teratur, setiap kedipan mata yang kulakukan, setiap indera yang masih melakukan fungsinya dengan normal n semua nikmat n pemberian-Mu padaku yang gak bisa kusebutkan satu persatu. Makasih sekali lagi Ya Allah !!!

Setelah berucap syukur kepada-Nya, so aku mau menulis lagi nich dengan segala kekurangan, kelebihan, keunikan n kegantengan diriku yang sama kayak kawan2 dulu mengenalku yang keren ini lewat postingan2 luar biasa ku sebelum2nya. Ok !!

Sekarang hari Jumat, berarti kurang sehari lagi aku genap berusia 25 tahun kawan. Huhh, cepet banget ya umur ini, rasanya tahun lalu pas aku menggenapkan diri karena proses hukum alam yang ke-24 baru saja berlalu, lho kok sekarang udah mau berkurang setahun lagie umurku, wah wah wah wah !!!!! ( prestasi apa saja ya yang telah ku torehkan di umurku yang telah berlalu ??? – sambil mikir –  < ada gak ya ??? > ah gak tau lah........ )

Oke lah, biarlah umurku bertambah dengan sendirinya, yang penting hope ku ke Dia nich, moga2 aku yang ganteng n keren ini senantiasa bisa lebih dekat, lebih dekat n semakin dekat n sayang ke Dia hari demi hari, bulan demi bulan n tahun demi tahun. Amin !!! Bukan lebih dekat ke yang laennya lho ya, kayak postinganku lalu yang judulnya LEBIH DEKAT. Sekali lagi kawan, bukan lebih dekat ke makhluk yang justru bisa nyebabin aku semakin jauh sama Dia n nyebabin Dia cemburu berat ke aku, gak maulah aku ngulangin kesalahan yang sama lagie, huhh, kapok, kapok, kapok, kapooookkkk !!!! Sekarang nich aku jadi semakin sangat yakin 1 juta persen kalo aku berusaha mendekat ke Dia, maka Dia bakalan lebih mendekat lagie ke aku yang super keren ini dengan – bahkan – tanpa jarak.... Yakin dech seyakin2nya. Aku gak mau kuwalat lagie kawan...

Ya wes lah, kita lalui dulu perenunganku pagie hari yang agak mendung n hawanya sejuk banget ini ya. Sekarang ku mau nulis tentang cerita n pengalaman luar biasa yang ku alami pagi tadi ketika ku menyantap makanan yang pualing enak se-dunia di “ restoran keluarga “ di rumah bagian belakang ato di postinganku yg dulu disebut juga  pawon ato dapur kawan, hehehe.

Kawan, bocoran nich, tulisan paragraf di atas tuch ku tulis di kamar tengah di rumah – orang tua – ku tercinta pas pagi hari after breakfast selesai dengan sukses n lancar. Tapi terus note book tercinta ku ku tutup coz aku langsung menuju ke sebuah bak mandi yang agak besar di bagian belakang rumahku tercinta – tapi masih di bagian dalam rumah sich -untuk melakukan ritual penggembangan kedelai untuk disulap menjadi tempe yang berkualitas, bergizi, menyehatkan, menyegarkan n  pokoknya halalan toyyiban dech. Terus untuk tulisan di bawah ini ku kerjakan hari sabtunya di skul ku tercinta di sela2 menyelesaikan amanah ku sebagai guru seni budaya n petugas piket keliling – tapi masih di daerah sekitar skul lho, gak sampek piket ronda keluar keliling desa,-D. Oiy kemarin Jumat tuch aku gak masuk ke skul tercinta coz pas lagie gak ada amanah di sana, kebetulan aku juga sejenak pingin mengistirahatkan jiwa n ragaku yang keren ini agar bisa di pakai lagie untuk menjalankan tugas muliaku di muka bumi ini. Kebayang kan kawan, kalo tubuh kita gak kita jaga n kita memforsirnya setiap hari untuk menuruti semua ambisi kita, wah wah wah wah, bisa gawat men ! tul gak !!!!

Sekarang kita lanjutkan perjalanan lagie kawan2 setelah tertunda beberapa jam. Ok, let’s gooowwww !!!!!!
Kemarin pagi tepatnya - kira2 - jam 8.00 am, diriku yang full keren ini baru mencoba untuk memandang cakrawala dunia dengan cara berusaha sekuat tenaga untuk membuka kedua bola mataku yang terasa sulit banget untuk dibuka. Yach maklum lah kawan, lagie liburan nich, jadi tidurnya ku enak2in dech, apalagie weather nya – sumpah – duingin banget n kayak serasa di puncak gunung men !!! secara aku dulu pas masih sekolah seneng banget naik2 ke puncak gunung, so tau lah gimana rasanya hawa2 di puncak pegunungan...
After that yach, bangun tidur ku terus ke kamar mandi untuk melakukan ritual yang gak kalah penting kawan, yaitu menyalurkan seluruh sisa2 energi yang telah mengendap cukup lama di badan ku yang keren ini. Yach, bisa dikatakan ini ritual favorit ku kawan. Gimana enggak, pas aku melakukan ritual yang satu ini, wuihh rasanya seluruh beban yang menyesakkan hati, pikiran n perasaan jadi hilang semua kawan. Asyikk!!!!! ( aku gak nyebutin ritual – ter – favorit ku kawan, coz aku yakin kalo kawan2 pasti pada ngeh semua, right !!!

Lanjuuuttt !!!
Abis itu ku langsung keluar dari kamar mandi ku tercinta n langsung menuju ke restoran keluarga di rumah bagian belakang ( my sweetest “ pawon “ ) untuk melakukan aktifitas pengisian BBM ato kepanjangan dari Bahan Bakar Manusia,-D. Oiy kawan, just 4 information 2 u my lovely fans, kalo aku di dalam kamar mandi tuch just “ gitu duank”, not 4 the other. Artinya aku gak ngelakuin aktifitas sikat – menyikat my teeth pake sikat gigi n pasta gigi ( kalo sikatnya ku pake sikat formula n pasta gigi pake pepsodent kawan) lalu bersihin badanku yang tetep n selalu keren ini dengan pertama2 membasuhkan seluruh air di seluruh bagian tubuhku, lalu bersabun2 ria dengan sabun kesayangan ( aku pake shinzui bro, biar kulitku semakin putih – yach meski sulit banget sich putihnya, tapi gak papa dech, the most important thing is aku masih dikasih nikmat bisa hidup ini oleh Allah SWT, right !! ) terus pake shampo  ( kalo untuk shamponya aku ganti2 men, yang penting ada busanya – kalo sekarang kebetulan shampo yang ku pake untuk membuat rambutku bersih n wangi adalah lifebuoy yang warna hijau ) lalu membiarkan tubuhku yang udah segar ini dialiri oleh air lagie n terakhir ku berhanduk-handuk ria, lalu terakhir aku pake busana yang rapi n sopan. Kesimpulannya kawan2, kemarin pagie tuch aku gak MANDIIIIII !!!!!!!!!!!!!! yeeeee, horeeee, abisnyaa duingin banget kawan2 tercinta !

Ceritanya aku masih pake sarung kesayangan warna abu2 motif gak jelas yang dikasih oleh pembina pramuka tercinta ku ketika zaman dahulu kala, yaitu Kak Saikhu, Ms ( untuk foto beliau monggo bisa dilihat di album face book tercintaku yang labelnya – kalo gak salah – my scout advisor ) pake kaos ( apa ya, lupa aku, terus pake kaos apa gak ya, ......< sambil mikir > ) lalu aku langsung menuju ke ruang SPBU ( Stasiun Pengisian Bahan Bakar Manusia “U”nya gak tau ).

LAPAAAAAAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRRRR !!!!!
“ Bu, sarapannya sekarang apa ? “
“ Ini mas, kulupan gubis pake sambel n tempe goreng + telur dadar “
” Wah, asyik Bu, enak. Udah lama gak buat makanan kayak ini Bu. Mantap wes”

 Keterangannya nich kawan2 ku tercinta,
1.      kulupan itu bahasa jawa, Indonesianya kukusan ato apa ya, intinya makanan yang di kukus gitu dech, bukan di rebus lho ya. Karena beda makna antara makanan yang dikukus n direbus kawan. Berdasarkan petunjuk dari para tetua suku n belajar dengan sangat serius n mendalam, maka didapatlah perbedaan yang sangat mencolok antara keduanya. Nich dia perbedaanya, kalo direbus tuch makanan yang akan direbus dikasih air yang cukup banyak, sehingga si makanan bisa berenang sambil melakukan mandi  spa gitu ceritanya, khan airnya jadi hangat sampai puanas banget. Kalo dikukus si makanan gak dicampur sama air, tapi di taruh di atas makanan yang lain, biasanya makanan itu di taruh di ats nasi sambil proses menanak nasi. Jadi makanan yang dikukus itu gak bisa berenang dengan bebas, dia hanya cukup bersyukur masih bisa – meskipun gak sampai mandi beneran – bermandikan uap. Waduh, jadi lupa aku, mandi spa itu yang kayak gimana ya, bener gak sich penjelasanku barusan, ah gak tau lah, yang penting nulis n i’m single n very happy,-D.
2.      Kalo gubis itu bahasa jawa, kalo Indonesianya apa ya, gak tau aku, mungkin tetep gubis gitu kali, ato kubis ya....... just gitu duank dech story about the gubis tercinta. Oiy gubis itu khan bentuknya berlapis-lapis gitu n cukup besar, jadi perlu di iris2 jadi kecil2 biar tambah imut n cantik,-D
3.      Untuk tempenya, Ibuku tercinta memilih opsi di goreng aja, biar tambah siip. Kalo opsi yang lain takute diriku yang ganteng ini gak suka lagie, jadi gak mau makan, hehehehe kayak anak kecil ya. Tapi enggak ding ! aku gak tau mengapa ibuku tercinta memilih opsi di goreng, wes pokoknya ada makanan di atas meja - selama belum ato gak dimakan kucing – langsung sikat bro ! jadi otomatis kemudian itu menandakan kalo aku bukan kayak anak kecil lagie lho kawan2, yang gak mau makan kalo makanannya gak disukai, ok !!! oiy tambahannya lagie nich, berarti itu juga berlaku terhadap semua makanan yang akan di hidangkan oleh istri ku kelak – apapun makanannya - pasti akan ku makan om. Aku adalah tipe2 orang yang selalu menghargai jerih payah n peluh keringat dari orang lain men. Kalo gak percaya silahkan buktikan buat kawan2 yang mau jadi penyemangat, pendamping, penggugah, n pe pe yang lain dech kalo aku tuch orangnya yach kayak gitu ( sekalian promosi men,-D ) – tapi yang pingin buktikan omonganku wajib n kudu harus akhwat fillah 100000000% ya, gak mau yang akhwat2an apalagie ikhwan yang menyamar jadi akhwat,-D. Wah wah wah wah .....bisa balik kanan bubar jalan hidup ini n dunia berhenti berputar dech,-D. Oiy frend, kalo tempenya itu murni tempe hasil buatan tangan sendiri dari seorang yang sangat luar biasa n bisa menjadi guru terbaik sepanjang masa, yaitu kedua orang tuaku tercinta. Sometimes aku juga ngebantuin lho kawan2, yach itung2 sebagai wujud bhakti ku kepada mereka berdua. Toh dari situ aku bisa belajar sebuah perjuangan hidup n kesabaran kawan2 !!
4.      Untuk telur dadarnya gak ada penjelasan bro !! kawan2 pastinya udah tau lah, ok !!
5.      Kalo sambelnya enak banget kawan. Rasanya tuch ada manisnya, pedesnya n gurih2 gimana gitu. Tapi gak terlalu pedes kok kawan, soale ibuku tercinta tau kalo diriku yang ganteng ini gak suka sama yang namanya pedes2, meski sambel tetep suka lho – bahkan jadi salah satu makanan favoritku. Sambelnya tuch sambel tomat dikasih trasi, gula, garam secukupnya n kayaknya juga dikasih bawang merah kalie, tapi bawang n tomatnya digoreng dulu ato bahasa jawa kerennya namanya “ di gongso “. Oiy kelupaan kawan, untuk sambel tentu gak lengkap rasanya kalo gak dikasih lombok, right ! so ibuku tercinta ngasih lombok secukupnya – kalo gak salah sich just dikasih 1 ato 2 gitu, gak banyak2 – n si lombok tersebut juga ikut2an di goreng gitu kawan2. Oiy trasinya ikut di goreng gak ya ?????
6.      The last is krupuk tercinta. Wuih kebayang kawan rasanya kalo makan gak ada krupuknya itu seperti laut gak ada pantainya, ato seperti kamar mandi gak ada Water Closet alias WC nya kawan, hehehehe...ku rasa sangat penting benget untuk sesegera mungkin mengadakan krupuk-isasi terhadap semua makanan yang akan ku santap, kalo gak, .... hmmmzz  ya gak papa sich meski makan tanpa ditemani oleh krupuk tercinta – tapi kayaknya ada yang hilang kawan salah satu bagian dari tubuh ini ( LEBAY MODE : ON !! )

Wuih, enaknya makanan yang telah ku makan itu. Meski hanya .............. ( teet teet teet teeeeettttttttttt, bel berbunyi 4 kali menandakan kegiatan belajar mengajar skul telah usai. Yach sebagai seorang manusia biasa yang masih punya lemah, letih, lesu, loyo n kurang bergairah, maka saatnya untuk pulang juga sama kayak anak2 guna mengistirahatkan lagi jiwa n raga yang udah menjalankan tugasnya dengan sangat baik mulai pagie tadi  sampai siang ini. Tapi sebelum pulang ku membina Patroli Keamanan Madrasah ato disingkat PKM dulu dengan rekan ku yang juga sangat luar biasa, yaitu Kak Darus Sholichin, S.PdI – kapan2 ja kalo ada waktu ku kan nyeritain temen ku yang satu itu yach. Setelah itu ku langsung pulang dengan gak pake tolah toleh, mampar n mampir dulu ke yang lain. Abis itu ku gak nyeritain kawan2, biar pembahasan kita kalie ini gak melebar terlalu panjang n lebar, lha wong ini aja udah nabrak kesana kemari kok,-D.Singkatnya tulisan di bawah ini ku selesaikan di kamar tengah - tempat ternyaman di dunia ini menurut ku yang paling ganteng n keren sedunia ini,-D. Ok lah gak usah di kasih penjelasan lagie n kawan2 gak perlu tanya kapan waktunya ya, ok !! LANJUUUUTTTTTTT )..................pake nasi sisa kemarin ato bahasa jawanya “ sego wadang “ n pake lauk seadanya, but I think  it’s very delicious foods which ever be eat by me. Sumpah gak bo’ong kawan2.

Berikut ini faktor2 yang mempengaruhi  kelezatan makanan yang telah ku santap dengan suangat sukses n gemilang banget : here we go ..... ( gak lupa ku beri bullet n numbering dulu biar keren, oke ! – meski fasilitas bullet n numbering nya otomatis sich, jadi aku udah gak perlu repot2 lagi ngasih nya, just ngasih angka 1, titik then do spacing, so jadilah susunan tulisan seperti di bawah ini )
1.      Pagi itu aku yang keren ini bangun dalam keadaan very2 hungry puoool dech pokoknya. Tau gak kawan2, why aku sangat kelaparan pagi itu ? jawabnya adalah aku kemarin malem just makan mie goreng duank sebelum tidur, itupun mie satu-satu 2 bungkus yang dimakan aku, bapak ku tercinta n ibuku tersayang. Ternyata secara gak sengaja n gak diprediksi sebelumnya, ealah nasi yang di magic com udah tuinggal seduikit sekali kawan. Finally nasi yang udah sangat merana itu dimakan sama bapak pake lauk sayur bandeng yang udah tinggal buntutnya aja. So aku beli dech mie itu di depan rumah. Untungnya aku punya tetangga yang berwirausaha n berkreasi menjual mie, teh, kopi n macem2 gorengan gitu. So di pagie hari yang sejuk itu perutku serasa pingin berjoget ria n menari2 meminta bersuap-suap nasi pada diriku ini. So that’s why i feel very hungry puoolll kawan....
2.      Di awal udah ku kasih tau kalo weather nya very2 cool banget frend, so sudah menjadi hukum kausalitas ( weeh bahasane rekz !! keren,,,, ) jika E = mc2. Hehehehe enggak gitu juga ding ! intinya hukum kausalitas tuch hukum sebab akibat kawan, so in this case, when our body feel cooler than usually, so for each our cell activity in our body will be increse a few step n our food reserve inside will be forced to burn itself very quickly to sufficient our body needs. Ok !!! terjemahan bebas nya kayak gini kawan2, pada kasus ini – tapi bukan kasus kayak yang di tivi2 itu lho yg makin hari makin ruwet aja gak da penyelesaiannya – ketika tubuh kita merasa lebih dingin dari biasanya, maka setiap aktivitas sel dalam tubuh kita akan meningkat beberapa tahap n cadangan makanan di dalamnya - tubuh kita,red – akan dipaksa untuk membakar – maksudnya melakukan reaksi kimia untuk melakukan pengubahan bentuk dari bentuk cadangan energi yang tersimpan dengan apik n aman di tubuh tercinta kita menjadi tenaga n energi yang diperlukan oleh tubuh kita untuk bertahan hidup – dirinya sendiri dengan sangat cepat untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita. Ok, udah nyambung bro ?????? Lanjutttt !!!!!!!!!!!
3.      Makanan buatan ibu sendiri itu sangat nikmat n mantap bro, tau gak kenapa ? di situ pasti terdapat barokah n doa2 yang di panjatkan oleh ibu kita tercinta saat membuat makanan tersebut, kalo kita beli makanan di luar, aku gak jamin kawan kalo makanan itu sebelumnya didoain oleh bulek warung nya. Yach meski di doain juga sich yang jelas gak bisa ngalahin manfaat dari doa orang tua kita, tul gak bro !!!!
4.      Makanan buatan orang tua ato istri kita – bagi yang udah punya – sudah jelas n pastilah 1 juta % bergizi n bebas ato suangat sedikit sekali bahan2 yang mengandung zat2 yang berbahaya kawan, semisal vitsin – ato bahasa jawanya micin n bahasa indonesianya penyedab rasa,-D – karena pastilah standar ke-higienis-an makanan yang beliau buat bisa dipertanggungjawabkan, baik secara moral ke suami ato anak mereka tercinta ato secaraa spiritual ke Hadirat Allah SWT. Pastilah ibu ato istri kita gak ada tendensi macem2 kawan, misalnya mendapatkan keuntungan yang setinggi2 nya dengan cara menghemat bahan2 makanan dengan mengganti bahan2 organik menjadi bahan2 yang berbahan kimia yang jelas akan bisa membahayakan tubuh tercinta kita kawan, right ! Tentulah mereka akan sangat hati2 memilih makanan yang – hanya – berkualitas n terjamin kehalalannya untuk diberikan kepada suami ato anak2 mereka tercinta, kayaknya fakta yang ini juga betul kawan2 ya !!! ( yang paling bisa ngerasain uneg2ku di point ke 4 ini pastilah para kaum akhwat fillah di jalan Allah, cos mereka pasti kayak gitu. I’m sure about it !! )
5.      Faktor kebersamaan bro – sist !!! jelas beda men makan ato ngelakuin aktivitas apapun dengan orang2 terkasih n tersayang di jalan Allah dengan tidak. Sama2 makan nasi + lauk krupuk duank kalo dikerjakan n dikomunikasikan dengan semangat teamwork yang bagus lewat sentuhan2 kasih sayang n kehangatan cinta, tentu hasil yg didapat adalah kebahagiaan lahir batin dunia n akherat kawan. Kalo kawan2 gak percaya, monggo bisa dibuktikan omonganku ini – eh salah, yang bener isi goresan tuts2 keyboard lewat note book ku tercinta ini. Selamat mencoba !!!
6.      The Power of Gratitude !!!! Kekuatan dari sebuah ungkapan syukur kita kepada Sang Pemilik Nyawa, Penggenggam langit n Bumi serta Penguasa Segalanya. Sebuah kekuatan dari menerima segala sesuatu yang sudah menjadi kehendak-Nya dengan ikhlas n menyerahkan diri sepenuhnya hanya kepada-Nya. Sebuah kekuatan tanpa batas bagi orang2 yang bisa mengaktifkannya dengan sesegera mungkin. Sebuah kekuatan yang ...........

 Coba dech kawan2 rasain sendiri gimana rasanya ngelakuin apapun dengan perasaan ikhlas n pasrah secara total kepada Allah SWT, termasuk juga makan apapun – selama halalan toyyiban bro, tetep – dengan niat benar2 bersyukur atas segala nikmat yan telah diberikan kepada kita dengan tanpa ada tarif sepeser pun, pasti setiap butiran nasi n repihan lauk pauk kita akan menjadi terasa nikmat n mantap banget. Pesan moral bro : jangan lihat makanan dari bentuknya aja bro, tapi lihatlah siapa Sejatinya yang telah memberi nikmat makanan itu kepada kita !!!! jangan lihat pake kepolosan kedua bola matamu bro – sist, tapi lihat lah segala sesuatu dari mata hati mu yang terdalam bro – sist. Ok ! met explore u’r self  untuk mendapatkan rasa – The Power of Gratitude or the Power of Neriman – itu, dijamin bakal seru banget dech hidup kawan2 nantinya, percaya dech ( suer lagie !!!! )



Ini nich hasil jepretan foto2 ku yang keren abis !!!

" sego wadang " yang udah tinggal separuh jalan + sebagian kecil dari tubuh tempe ku tercinta yang digoreng n mau menunggu detik2 penantian menuju ke sebuah lorong yang sangat gelap gulita yang terletak di bagian dalam dari tubuhku tercinta.



Kalo yang di samping kanan itulah yang ku maksud dengan the gubis mania. Itu diiris kecil2 kawan, gimana bro, cantik gak tampilannya !!
Sumpah wenak banget kawan sayur yang satu ini. Cobain dech !!!





Ntuch sambel yang ku ceritain di atas kawan, tinggal menunggu detik2 kematiannya juga !!!







Gambar 2 krupuk yang saling berdampingan, yang satu masih belum terjamah oleh lorong waktu menuju lembah yang guelap puoll di dalam tubuhku, n yang satunya lagi sebagian tubuhnya udah merasakan tajamnya gigitan dari seorang Bagus Cakep Terus Belajar,-D. Ditemani 3 tempe yang masih tersisa n 2 bagian telur dadar. 



Terakhir dari segala yang akhir. Ini dia, pencuci mulutnya, yang kebetulan roti hasil dari ikut tahlilan kemarin malamnya. Roti isi strawberry yang enak juga kawan. Ntuch gambar rotinya just menyisakan seperempat bagian tubuhnya yang masih utuh. Ok !!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar